PEMBANGUNAN JALAN BENTUNG SELATAN DESA MLEKANG

  • Sep 19, 2022
  • Mokhamad Aksin

MLEKANG– Hari Senin( 19-09-2022 ) 

Pembangunan Jalan Bentung Desa Mlekang Sebelah Selatan Telah selesai pembangunannya, 

           Perjalanan pembangunan jalan bentung desa mlekang dimulai sejak pengusulan kegiatan di musrengbangdes pada tahun 2015 dan baru terlaksana pada tahun 2022 ini. hal ini disebabkan karna usulan pembangunan bentung desa ini berada pada tanah pribadi warga sehingga dari pemerintah desa selalu berupaya agar pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah dikemudian hari.

          Pemerintah Desa sudah melalukan musdus 3 (Tiga) kali di tempat kering (MAEDI) melibatkan pemilik lahan yang akan terkena pembangunan jalan bendung desa ini, sehingga disepakati oleh pemilik lahan dengan melepas 2 meter lahannya untuk pembangunan bentung desa ini.

         Pemilik lahan diuntungkan karena lahan yang dibangun merupakan lahan mati yang tidak punya akses jalan sehingga tanah / lahan ini tidak bisa dimanfaatkan dan karna adanya jalan bentung desa ini membuat tanah warga ini menjadi lebih hidup dan menaikkan harga jualnya. tidak hanya pemilik lahan (kebon) pemilik lahan sawah juga diuntungkan karena sawah yang dulu tidak ada akses panen, akses jalan ke sawah sekarang menjadi mempunyai akses jalan selebar 4 meter sehingga para penggarap sawah bisa menjual hasil sawahnya dengan mudah tanpa tambahan jasa angkut lagi. 

       Dan juga pemilik sawah mendapatkan akses air yang mudah karena disamping dibagunnya jalan bentung desa juga dibuatkan saluran air yang dulu sangat susah dalam irigasi pengambilan maupun pembuangan air dari kali / sungai utama,

       Panjang jalan bentung desa mlekang ini kurang lebih 420 meter dengan lebar 4 meter. dengan menggunakan Dana APBDesa sejumlah Rp. 20.000.000 dari Padat Karya Tunai Desa (PKTD), Rp. 40.000.000 dari Dana Desa guna pengerasan Jalan Dengan Batu Putih. dan Rp. 30.000.000 Dari PADesa Peruntukan Sewa Alat Berat. 

      Pembangunan Jalan ini bukan hanya untuk jalan bentung desa saja melainkan juga untuk pembangunan jalan di RW 4 dengan masalah sama pada usulan musrengbangdes tahun 2019 dengan panjang 300 meter kegiatan ini terkendala dengan musim yang tidak menentu yang asal mula dijadwalkan pada bulan juli 2022 akan tetapi masih adanya hujan yang mengakibatkan mundurnya jadwal pembangunan jalan bentung desa dan jalan baru desa mlekang dan alhamdulillah walaupun tidak sesuai scejule tapi pembangunan dapat diselesaikan dengan baik.